Sabtu, 30 Juli 2011

Jenis-jenis penelitian

Pada dasarnya dikenal tiga bentuk penelitian yaitu:
  1. Penelitian eksploratif
  2. Penelitian pengembangan
  3. Penelitian verifikatif 
Pada saat saya kuliah metodologi penelitian bisnis,dosen saya mengatakan penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan mencari atau merumuskan masalah-masalah dari suatu fenomena.Penelitian pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan teori dari masalah-maslah suatu fenomena yang dihubungkan dengan teori-teori dari suatu ilmu tertentu untuk memecahkan masalah secara rasional sedangkan penelitian verifikatif adalah penelitian yang bertujuan untuk menguji hubungan-hubungan variabel dari hipotesis-hipotesis yang diajukan disertai data empiris.
Maka dengan demikian dapat kita lihat bahwa penelitian verifikatif bertujuan menguji kausalitas variabel-variabelnya,sedangkan penelitian eksploratif mencari hubungan antara variabel-variabelnya.dan penelitian pengembangan kadang-kadang mengarah kepada hubungan tetapi pada umumnya masih bersifat menduga-duga.

Penelitian juga dapat diklasifikasikan menjadi 5 yaitu:
  1. Penelitian berdasarkan tujuan
  2. Penelitian berdasarkan metode
  3. Penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi
  4. Penelitian berdasarkan analisis
  5. Penelitian berdasarkan jenis data
1.Penelitian berdasarkan tujuan
a. Penelitian dasar/murni : penelitian  yang bertujuan untuk mengembangkan teori atau mengembangkan ilmu
b. Penelitian terapan: penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan dalam      pemecahan masalah,dengan tujuan menerapkan,menguji dan mengevaluasi kemampuan sebuah teori dalam memecahkan masalah-masalah praktis.
2. Penelitian berdasarkan metode
a. Penelitian ex post facto: penelitian yang dilakukan untuk meneliti sebuah peristiwa yang telah terjadi,untuk kemudian menurut kejadian tersebut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kejadian tersebut.
b. Penelitian eksperimen: penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain yang terkontrol secara ketat.
c. Penelitian kualitatif: penelitian yang digunakan untuk meneliti objek alamiah dan peneliti sebagai instrumen kunci.
d. Penelitian survey : penelitian yang dilakukan pada ukuran populasi besar maupun kecil dimana dilakukan untuk membuat generalisasi dari sebuah pengamatan.
e. Penelitian kebijakan : penelitian terhadap masalah sosial yang mendasar sehingga mampu mengajukan hasil penelitian tersebut kepada pengambil keputusan untuk bertindak secara praktis dalam menyelesaikan masalah.
f. Penelitian sejarah: penelitian terhadap masalah-maslah yang berkaitan dengan fenomena masa lalu.
g. Penelitian studi kasus: penelitian secara mendalam mengenai subjek tertentu dan memberikan gambaran yang lengkap mengenai subjek tertentu.
3. Penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi
a. Penelitian deskriptif: Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri,baik satu variabel atau lebih(independent) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain.
b. Penelitian komparatif:  Penelitian yang bersifat membandingkan,variabel mandiri dengan beberapa sampel atau dalam waktu yang berbeda.
c. Penelitian asosiatif: penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.
Oke,sampai sini dulu,capek eui ketiknya,for my teacher metodologi penelitian bisnis.ABRIGADO!!!!( thanks)