Minggu, 31 Juli 2011

Variabel

Variabel adalah simbol atau konsep yang diasumsikan seperangkat nilai.
Jenis-jenis variabel :
1. Variabel bebas (independent): Variabel stimulus atau variabel yang mempengaruhi variabel lain.Variabel ini merupakan variabel yang diukur,dimanipulasi,atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungannya dengan suatu gejala yang diobsevasi.
2. Variabel terikat/tergantung(dependent variabel): variabel yang memberikan reaksi/respons jika dihubungkan dengan variabel bebas. Variabel terikat merupakan variabel yang diamati dan diukur untuk untuk menentukan pengaruh yang disebabkan oleh variabel bebas.
3. Variabel moderat (moderate variable):variabel bebas kedua yang sengaja dipilih peneliti untuk menentukan apakah munculnya variabel tersebut berpengaruh terhadap hubungan variabel bebas pertama dengan variabvel terikat.Variabel moderat ini merupakan variabel yang diukur,dimanipulasi
4. Variabel kontrol: variabel yang dikontrol peneliti untuk menetralisir pengaruh yang dapat menggangu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.
5. Variabel perantara(intervening variable): variable yang bersifat hipotetikal,artinya secara konkret pengaruhnya tidak nyata,tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan variabel bebas dengan variabel terikat yang sedang diteliti