Sabtu, 30 Juli 2011

Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah nilai produksi barang-barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam masa satu tahun. Untuk menghitung pendapatan nasioanal adal 3 cara yaitu :  cara pengeluaran, cara produksi dan cara pendapatan.

·         Cara Pengeluaran
Adalah cara menghitung pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan seluruh pengeluaran berbagai golongan masyarakat. Yang dihitung bukanlah setiap transaksi yang ada, akan tetapi transaksi-transaksi barang jadi (final goods) saja. Hal tersebut untu menghindari double accounting ( pencatatan ganda ). Dalam analisa makro, pelaku ekonomi ada 4 yakni : sektor rumah tangga, sector pengusaha, sektor pemerintah dan sektor luar negri.
Jadi, Pendapatan Nasional menurut cara pengeluaran yaitu menjumlahkan seluruh pengeluaran dari sektor rumah tangga, sector pengusaha, sector pemerintah dan luar negri dan nilai pendapatan nasional yang diperoleh adalah Produk Nasional Bruto (Gross National Product/GNP)

·         Cara Produksi
Pendapatan nasioanl dengan cara menjumlahkan nilai produksi yang dihasilan oleh sector yang produktif seperti :
·         Pertanian, kehutanan, dan perikanan
·         Pertambanganan
·         Industri pengolahan (manufacturing)
·         Perusahan listrik, air dan gas
·         Industri bangunan
·         Pengangkutan dan pergudangan
·         Perdagangan
·         Bank, lembaga keuangan bukan bank dan real estate
·         Pemilikan rumah
·         Administrasi Negara dan pertahanan
·         Serta jasa-jasa lainnya
Pendapatan nasional yang di peroleh adalah Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Bruto/GDP). Dalam menghitung pendapatan nasional dengan cara ini adalah dengan menghitung nilai tambah (value added) saja, agar terhindar dari penghitungan ganda (double accounting).

·         Cara Pendapatan
Adalah menentukan pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan pendapatan faktor-faktor produksi yang di gunakan dalam memproduksi barang dan jasa
Jadi, yang dijumlahkan pendapatan para pekerja, pendapatan para pengusaha dan para pemilik modal. Nilai pendapatan nasional yang diperoleh disebut dengan Pendapatan Nasional (National Income/NI).

   Jenis-jenis Pendapatan Nasioanal.
1)      Gross National Product (GNP)
GNP (Produk Nasional Bruto) ialah nilai seluruh produksi barang dan jasa yang di hasilkan oleh perekonomian suatu negara dalam satu tahun, termasuk produksi barang dan jasa yang di hasilkan oleh warga negara yang berada di luar negri. Sedangkan nilai produksi barang dan jasa yang di hasilkan oleh warga Negara asing yang berada di dalam negri tidak di masukan  dalam GNP. Adapun barang yang di hasilkan dapat berupa barang-barang konsumsi dan barang-barang modal.
2)      Net National Product (NNP)
Net National Product (NNP) adalah jumlah barang-barang konsumsi yang di hasilkan, di tambah barang-barang modal baru di samping barang-barang modal yang sudah ada.
Jadi NNP = GNP – barang modal untuk penggantian (replacement) dan         penyusutan (depreciation).
Atau
NNP = GNP – (replacement + deprciation)
3)      Net National Income (NNI)
Net National Income (NNI) adalah jumlah seluruh penerimaan factor produksi dalam waktu satu tahun.
Jadi NNI = NNP – pajak tidak langsung.
4)      Personal Income (PI)
Personal income (PI) adalah semua pendapatan termasuk pendapatan yang di peroleh tanpa melakukan pengorbanan yang di terima oleh penduduk suatu Negara. Jadi dalam personal income termasuk di dalamnya adalah pendapatan yang tidak tergolong kepada jenis pendapatan nasional.
Pada setiap tahun semua negara, terutama negara maju seperti Amerika Serikat banyak melakukan pengeluaran yang berupa pembayaran pindahan (tranfer payment) kepada berbagai golongan masyarakat di mana para penerimanya tidak perlu memberikan balas jasa atau pengorbanan. Transfer payment ini biasanya berupa bantuan-bantuan kepada para penganggur, uang pensiun, bantuan kepada panti asuhan, bea siswa, subsidi pemerintah dan lain-lain.
Karena mereka yang menerima berbagai jenis transfer payment ini bukan sebagai balas jasa atas ke ikut sertaan dalam proses produksi, maka jenis pendapatan ini tidak termasuk bagian dari pendapatan nasional.
Pendapatan masyarakat lainnya yang tidak termasuk bagian dari pendapatan nasional tetapi termasuk ke dalam pendapatan pribadi adalah bunga atas hutang negara dan bunga atas pinjaman untuk konsumsi.
Jadi PI = (NNI + Transfer Payment) – (Asuransi + Laba di tahan).
5)      Disposable Income (DI)
Pendapatan disposibel (disposable income) adalah pendapatan pribadi (personal income = PI) di kurangi pajak. Jadi pendapatan disposibel adalah pendapatan yang siap di belanjakan oleh penerimanya untuk membeli berbagai keperluan berupa barang dan jasa yang mereka inginkan. Tetapi biasanya tidak semua pendapatan disposibel di gunakan untuk tujuan konsumsi, tetapi sebagian di tabung, dan sebagian lagi di gunakan untuk membayar bunga atas pinjaman.
Jadi Disposible Income (DI) = Personal Income – Pajak langsung.